Selasa, 03 Mei 2016

GARA GARA IDL...\(^.^)/

Layout blog saya gak bagus ya, biar aja, belum sempet ngoprek blog nih, baru asyik seru seruan belajar Sejarah sama temen temen belajar saya

Saya dulu termasuk orang yang gak percaya digital learning dapat membantu pembelajaran, lha wong internet masi lola, dan gak semua anak pegang hape, apalagi punya laptop, namun karena dimana mana pada heboh dengan berbagai tool dan aplikasi pembelajaran, saya jadi ikutan penasaran, beneran nih bisa ?

Adalah Telkom Indonesia (yang masih asli milik Indonesia) ngadain Indonesia Digital Learning di 8 kota besar di Indonesia http://indonesiadigitallearning.com/Beranda.html  saya ikutan dong, walau jadi pesertanya mesti rebutan, mereka membatasi tiap kota hanya 300 peserta, padahal waktu saya lihat, untuk Jogja saja hampir 800 peserta yang berminat, melalui proses daftar ulang, akhirnya saya bisa ikut IDL Jogja, dan meleklah saya.. #halah
Maksudnya saya mulai 50 50 deh sama digital learning, sudah mulai berani mencoba lagi ke temen belajar saya di kelas X MIPA dan X IPS dan hasilnya wow wow wow kereeeen seneeeeeeng banget, ternyata mereka bisa dan sangat kreatif. Saya cuma belajar sejarah sama mereka, saya nggak belajar edit film sama mereka, tapi hasilnya keren sekali

Gini Ceritanya, di awal semester saya minta mereka untuk membuat Historical Boardgame untuk kelas X MIPA dan Penelitian Sejarah dan Historiografi untuk kelas X IPS, yang diteliti adalah sejarah desa mereka sendiri, atau situs sejarah yang ada di sekitar rumah mereka. Karena hasilnya bagus bagus, sayang dong kalau cuma disimpan di perpustakaan atau ditumpuk di meja saya di ruang guru, maka saya minta mereka memfilmkan semua yang sudah mereka kerjakan, kemudian aplod di youtube dengan hashtag #MANSA_Historical Boardgame untuk X MIPA dan #MANSA_Historiografi untuk kelas X IPS, saya kasih mereka waktu 10 hari ada yang hanya 1 minggu

Hasilnya bikin saya terharu beneran hiks
saya menghargai betul proses belajar mereka dari awal desain game atau penelitian sejarah mereka, hingga akhirnya jadi boardgame dan tulisan sejarah yang bagus, saya sangat menghargai bagaimana mereka menyusun skenario, hingga pembuatan film sederhananya jadi.

Kreativitas mereka, kekompakan, saling menghargai, perjuangan tanpa lelah, tidak putus asa karena take yang berulang ulang, kepercayaan diri mereka, belum edit filmnya, terus aplod yutube yang lama, semangat mereka untuk menyebarkan karya mereka ke orang lain,... jempol deh buat mereka semua...

dari tadi ngomong aja ya, ini lho semua karya mereka yang sudah di aplod di Youtube,

eeeeh sebelumnya temen tertua ngomong dulu dong yaaa menjelaskan dan mempertanggunjawabkan semuanya hahaha
Video pertama adalah dari teman tertua, selanjutnya karya temen temen muda saya, yang jelas saya kalah telak hahaha.. ;)





























yang dibawah ini yang historiografi

 














Keren keren yak, LIKE Ya karya mereka, LIKE bagaimana mereka berproses, semoga apa yang mereka share ini dapat bermanfaat dan menginspirasi semua pemirsanya. Aamiin... Semangaaattt!!!

1 komentar:

  1. Mantab, apapu yang diajar, tidak perlu linear linearan seperti pada yang diributkan teman2. Asal gurunya inspiratif, anak2 pasti do the best lah Bu.

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...