Selasa, 05 April 2016

Belajar Sejarah itu Asyik

Saat penelitian mereka di Candi Nempon, candi yang dekat dengan rumah mereka
Sekembalinya bertugas dari Bangka kemarin, saya tidak kebagian jam mengajar Ekonomi, dan karena mata pelajaran sejarah, gurunya kurang, akhirnya saya dipercaya untuk mengajar Sejarah. Waaa I love Sejarah...

Sejarah Indonesia dan Sejarah minat, Sejarah Indonesia, materinya menarik sekali, tentang penelitian sejarah dan historiografi (penulisan sejarah).

di Kelas, saya minta anak anak untuk berkumpul sesuai dengan daerah nya masing masing, kemudian desa nya masing masing, atau yang berdekatan, kemudian saya minta mereka melakukan penelitian sejarah desa mereka, tugas ini tugas kelompok, mereka sendiri yang menentukan desa anggota kelompok siapa yang akan diteliti dan ditulis sejarahnya.

Rencana besarnya sih, tulisan mereka akan saya buku kan nanti

Tugas penelitian ini kurang lebih satu bulan, dari menentukan desa yang akan diteliti, draft alur penelitiannya, narasumber yang akan dihubungi, draft pertanyaan, hingga format penulisannya. Penelitian ini penelitian sederhana, anak anak ini kelas X dan mereka jarang menulis dan jarang membaca

satu bulan berlalu, tulisan mereka beberapa sudah selesai, dan siap dipresentasikan di depan kelas, yang menarik adalah, ternyata banyak hal yang masing masing dari kami, saya dan anak anak tidak tahu, ternyata Kabupaten Semarang dan Salatiga kaya dengan berbagai kisah bermakna, seperti sejarah Rawapening, Sejarah Desa Medayu, Desa Sraten, Desa Kalipanggang, kemudian ada tiga situs Candi seperti, Candi Dukuh, Candi Ngempon dan Candi Klero, demikian juga banyak peninggalan bersejarah Lingga dan Yoni di berbagai tempat, seperti di Bukit Cinta dan Pemandian Muncul, belum lagi berbagai kisah tentang mata air Senjoyo. Anak anak memadukan apa yang mereka temukan di buku, internet dengan sumber sejarah yang ada di daerah tempat penelitian mereka.

Setiap daerah ada kisah menarik, anak anak banyak belajar dari kisah kisah tersebut, kejujuran, kesetiaan, menghargai perbedaan, keyakinan, rendah hati





Nha untuk Ujian Tengah Semester saya balik pertanyaannya, karena jenis penelitian sejarah dan historiografi sangat beragam, juga sebetulnya pengen "maksa" anak anak untuk baca, jadi soal ujian tengah semester saya dua lembar full untuk 10 pertanyaan.

Begini kira kira penampakan soal UTS nya
Bedewei, menurut saya, gerakan literasi yang digaungkan seharusnya juga mengubah pola soal soal ujian buat anak anak ya... ya kan ya

Semangaaattt!!!

2 komentar:

  1. Keren sekali mbaaaakkkk. Tetap semangat yaaaa

    -danti-

    BalasHapus
  2. Saya jg kadang membuat soal uts ekonomi berdasar deskripsi kasus atau masalah aktual di masyarakat atau cuplikan berita ekonomi baru diberi pertanyaan utk mengukur sejaumana PD memahami teori dan memakainya utk memecahkan permasalahan ekonomi masyarakat.

    BalasHapus

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...