Thanks to visit..(^.^)/..

Minggu, 05 Oktober 2014

Tips Menulis Karya Ilmiah ... *tsaah

Ketika mereka Juara 1 Nasional paper akuntansi UGM
Baru kali ini nulis pake judul agak membosankan n nggak eye catching....*emang biasanya gimana :p

Saya barusan dapat tugas untuk jadi Juri Karya Tulis Ilmiah Siswa se Kabupaten. Sekarang baru dalam tahap periksa naskah jadi dan uhuk .... maaf cukup membuat saya prihatin, bukaaaan bukan sok, saya juga masih belajar tapi please at least do it right.... gini :

Pertama JANGAN PLAGIAT, ini pentiing, ada sopan santun pengutipan juga, kita DILARANG KERAS copas plek, kita cuma boleh ambil idenya, kalimatnya dibuat dengan kalimat sendiri dan ini tetap WAJIB mencantumkan narasumber ide yang kita ambil
Siswa yang saya bimbing sebelum dikirim naskahnya, pasti saya periksa plagiarismenya terlebih dahulu. Cek plagiarisme tersebar di dumay ini, kalau saya pakai program Viper cari saja... cukup valid. Tiap institusi pendidikan ternyata memberikan toleransi yang berbeda pada persentasi tingkat plagiarisme, tapi kisarannya antara 10% - 30%, bahkan kampus saya cuma 10% no more.

Kedua penulisan kutipan, sebaiknya langsung ke sumber jangan terlalu banyak kutipan yang mengutip, seperti misalnya Ameliasari 2012 dalam Furrahman 2014, langsung cari sumber utamanya saja. Periksa lagi apakah semua sumber sudah ditulis di Daftar Pustaka, saya ada tips untuk itu, setiap kali menulis kutipan dan sumber, langsung tulis di halaman daftar pustaka, supaya tidak terlewat nanti.

Ketiga seharusnya nyambung ya antara judul, latar belakang, masalah penelitian, konsep, metode, pembahasan, simpulan dan saran. Mereka harus jadi satu garis yang saling mengisi, terus mestinya nggak perlu kemana mana, di latar belakang tulis yang berhubungan dengan mengapa masalah tersebut diangkat, bagus lagi ada data data kongkrit, bukan "banyak", "sebagian besar", ini kata kata gak jelas, apa dasarnya bisa bilang banyak atau sebagian besar?
Metode penelitian juga penting, bagaimana metode yang disusun dapat menjawab rumusan masalah yang diajukan, kalau di bab pembahasan lebih pada cerita kita tetang hasil penelitian yang kita peroleh. Nah yang biasanya sering diabaikan adalah saran, mestinya saran menggunakan kalimat operasional yang segaris dengan manfaat penelitian, saran ini seharusnya petunjuk kongkrit yang bisa dilakukan oleh semua orang yang akan memanfaatkan penelitian kita.

Keempat ada beberapa yang bagus tetapi feelnya bukan feel sebagai siswa, kesannya feelnya guru hihihi..... *dan ini hanya bisa saya buktikan waktu presentasi nanti. Pembimbing sebaiknya cukup membimbing saja, beneran jadi fasilitator, tentang format penulisan, atau memancing ide siswa, atau terbatas memberi petunjuk dengan meminta siswa untuk baca buku a atau artikel b yang sesuai dengan tema, lainnya biarkan siswa yang nulis.

Ketika Juara 1 Konsep Usaha se-Jateng
Kelima standard sih ya, perhatikan tanda baca n spelling.. :).... *gak berani ngomong banyak, soalnya saya suka salah salah juga. Kata guru saya bu Anna Farida, sering sering dibaca lagi, kemudian perhatikan kapan kita mesti atur napas untuk menentukan mana koma mana titik... hihihi

Keenam yang tidak kalah penting dan biasanya jadi point of view nya para juri adalah IDE, semakin baru ide yang diketengahkan akan semakin menarik para Juri untuk memberi penilaian lebih, bahkan nih ya, menurut pengalaman saya, format penulisan kadang mereka abaikan lho... ;)

Tips nya banyak banyak baca jurnal jurnal internasional, lihatlah bagaimana para penulis jurnal tersebut menyajikan hasil penelitiannya. Untuk penelitian sebelumnya biasanya saya banyak mengambil dari jurnal jurnal tersebut, cari yang terbaru maksimal 10 tahun terakhir. Mereka baik baik kok, maksud saya buanyaaaak sekali jurnal internasional yang free download, malah saya belum ketemu artikel jurnal internasional yang tidak bisa saya download.

Tips berikutnya, banyak baca buku juga, tetapi untuk karya ilmiah persentasi referensi dari buku, lebih sedikit daripada jurnal ilmiah

Tulisan diatas pengalaman pribadi yang terinspirasi total dari dua pembimbing saya Prof. Slameto dan Prof. Supramono, thanks a lot Prof... ;)

Yuuuk Nulis Karya Ilmiah.... Semangaaattt!!...(^.^)/..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar