Selasa, 07 Oktober 2014

Duh Ternyata Saya SALAH.. \(^.^)/

Mereka yang ada di Jaman Jahiliyah 3 Saya... :)
Saat ini saya membagi perjalanan saya menjadi guru, menjadi tiga jaman jahiliyyah.
Pilihan kata Jahiliyyah saya ambil, dengan makna kebodohan, jadi bisa juga sih dirubah, jadi jaman kebodohan saya, tapi untuk menyangatkan betapa bodohnya saya, saya menggunakan kata jahiliyyah

Jaman Jahiliyyah 1 (1998 - 2005)
adalah saat pertama kali saya jadi guru, saat itu keyakinan saya adalah mata pelajaran yang saya ajarkan sangat sangat sangat penting, dan murid murid di kelas saya semua harus paham ekonomi.


Seperti biasa saya menggunakan media dan metode macam macam untuk itu.
Saat itu tidak ada dalam pikiran, bahwa beban belajar mereka banyak, bahwa masalah mereka juga banyak, bahwa gak semua suka dengan gaya mengajar saya, intinya saya tidak pernah melihat mereka, saya egois mementingkan diri sendiri, tugas saya jadi guru membuat semua anak di kelas tersebut mempunyai nilai diatas KKM.
Akibatnya saya sering marah dan tersinggung dengan kelakuan anak anak, marah yang nggak jelas, pake bentak dan menyakiti mereka, saya punya keyakinan semakin mereka tersakiti semakin baik.
Entah berapa korban saya saat di jaman jahiliyyah 1 ini..... اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

Jaman Jahiliyyah 2 (2005-2009)
adalah saat saya sadar bahwa beban mereka banyak, masalah mereka banyak, belajar itu seharusnya menyenangkan, untuk itu mereka harus nyaman.
Saat itu saya banggaaaaa sekali kalau anak anak senang belajar dengan saya, apalagi saya memperoleh predikat guru terfavorit mereka.
Belakangan saya sadari ternyata belajar sekedar menyenangkan saja tidak cukup, seharusnya belajar itu membuat anak anak terinspirasi dan bermakna untuk hidup mereka
Kemudian anak anak suka jika belajar dengan saya saja tidak cukup, seharusnya mereka suka belajar dengan siapa saja, apa saja, kapan saja, dengan bagaimanapun caranya
Tujuan saya adalah membuat mereka sukaaa belajar with or without ME

Sekarang saya berada di Jaman Jahiliyyah 3 (2009-sekarang), saya tidak tahu apakah semua yang saya yakini sekarang, tentang bagaimana mendidik anak anak sudah benar, karena jaman terus berubah dan berkembang. Saya akan terus belajar dan berubah, karena menemukan "duh ternyata saya salah"

Jadi inget Steve Job, Stay Foolish, Stay Hungry hahaha.... beneran sekarang baru menyadari makna kata kata SJ itu

Semangaaaaatttt!!!.... (^.^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...