Jumat, 07 Juni 2013

Baca dan Tulis

Beberapa bulan belakangan ini sebuah milis Ikatan Guru Indonesia ramai membicarakan masalah rendahnya minat baca dan tulis murid murid Indonesia
Ada beberapa hal yang sudah saya coba beberapa waktu lalu...


1. Berdasarkan yang ditulis pak Hernowo, bahwa untuk menumbuhkan minat membaca, seseorang harus mempunyai pengalaman yang menyenangkan terhadap apa yang dibacanya. Waktu itu saya minta anak anak mulai membaca apa saja yang mereka sukai, bahkan komik pun oke. Tagihan saya waktu itu adalah mereka saya minta untuk menceritakan kembali apa yang mereka baca, apa yang menarik dari bacaan tersebut, apa yang membuat mereka menyukai bacaan itu. Cerita baik lisan maupun tulisan, bentuk apa saja oke



2. Selanjutnya saya buat semacam sayembara menulis apa saja bebas boleh cerpen, novel, puisi bahkan cerita komik manga

3. Kalau ini masih dalam impian saya, membuat klub membaca tetapi khusus untuk guru, jadi kami membaca satu buku, dan setiap minggu kami berkumpul untuk mendiskusikan buku yang kami baca. Seruu aja bayanginnya....
Gimana bisa mengajak murid murid kita senang membaca dan menulis jika guru guru mereka tidak suka membaca dan menulis...

4. Masih dalam impian saya juga, perpustakaan sekolah dipenuhi buku buku penuh vitamin, menarik dan inspiratif untuk dibaca anak anak, bukan melulu buku pelajaran yang membosankan...*ups

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...