Senin, 10 Oktober 2011

[KLIPING] Kondisi Berat Dalam Sekolah Di Indonesia

Sumber : http://genenetto.blogspot.com/2011/10/kondisi-berat-dalam-sekolah-di.html

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Katanya dalam artikel berita ini bahwa Indonesia mempunyai jam sekolah yang paling lama di dunia. Kalau benar, kenapa murid2 di Indonesia tidak menjadi murid paling pintar di dunia?
Saya ingat waktu sekolah di Selandia Baru dulu. Masuk jam 8.45 pagi. Pulang jam 3.15 sore (untuk SMP-SMA, tetapi SD pulang lebih cepat). Dan ada waktu istirahat pagi 20 min, sekitar jam 10 pagi dan istirahat untuk makan siang dan main selama 1 jam dari jam 12.00-13.00.
PR yang diberikan tidak begitu banyak. Di tingkat SD tidak ada PR (atau jarang sekali ada). SMP-SMA ada sedikit, tetapi harus dikoordinasi antara semua kelas, jadi tidak bisa dapat PR dari semua kelas dalam satu hari. Maksimal jumlah PR tidak lebih dari 2 jam, dan rata2 tidak sebanyak itu. Seringkali tidak dapat PR dari semua kelas dalam satu hari.
Kelas 3 SMA, rata-rata semua murid mengikuti 5 mata pelajaran saja. Bukan 20an seperti di sini. Di tingkat2 sebelumnya, ada sedikit lebih banyak kelas, karena pelajaran lebih ringan dan agar siswa dapat ilmu yang lebih luas. Jadi makin tinggi tingkat sekolahnya, makin fokus. (Saya lupa totalnya di SMP, tetapi kalau tidak salah, tidak lebih dari 10 kelas).

Ulangan juga sedikit. Bukan setiap 1-2 minggu seperti di sini. Ujian dari guru kelas saja, jadi tidak dikoordinasi untuk seluruh sekolah sekaligus. Setiap guru boleh menentukan sendiri kapan mau kasih ujian ringan, asal ada sekian dalam satu semester. Jadi guru bikin jadwal sendiri2 dan kasih tahu kepada siswa untuk dicatat dalam 1-2 minggu sebelumnya.
Fasilitas juga baik dan berkualitas. Pembangunan gedung sekolah tidak ada korupsinya, jadi atap tidak pernah ambruk. Fee sekolah juga tidak ada. Hanya ada biaya admin sekali bayar di awal tahun (sekitar 100 dolar).
Seragam cuma satu untuk musim panas, satu untuk musim dingin. Tidak ada seragam khusus untuk upacara atau kegiatan yang lain (padahal orang tua lebih mampu beli daripada orang tua di sini). Di Indonesia bisa 3-4 macam seragam: (putih, abu-abu, batik, koko, pramuka).
Pada akhir setiap tahun, seragam lama boleh dijual (atau dikasih) ke sekolah dengan biaya rendah untuk kebutuhan anak kurang mampu. Jadi mereka bisa beli dari koperasi sekolah dengan biaya murah sekali. Tidak ada orang yang coret2 bajunya seperti di sini. Lebih banyak disedekahkan atau dijual murah kepada anak yang kurang mampu lewat sekolah, jadi kita tidak tahu anak mana yang beli atau siapa yang jual, karena pihak sekolah yang terima dan jual kembali supaya tidak ada yang merasa malu.
Semua buku teks milik sekolah, dan hanya dipinjamkan dan dikembalikan. Hanya perlu bayar sekian dolar kalau terjadi kerusakan. Jadi setiap sekolah hanya menggantikan buku teks sekali dalam 5-10 tahun.
Tidak pernah ada tawuran antar sekolah selama saya sekolah di Selandia Baru. Semua “keributan” antara sekolah hanya terjadi di lapangan olahraga, dan tidak ada selain itu. Murid yang mau berantem juga sedikit sekali. Kebanyakan murid tidak tertarik untuk ribut seperti itu. Semuanya sibuk dengan olah raga, kerja setelah sekolah (bantu orang tua di toko, tugas rumah, antar koran dll.), sibuk dengan keluarga atau santai di rumah masing2.
Murid yang merokok bisa dihitung (sangat sedikit) karena semua guru mengajarkan anak untuk tidak merokok, dan merupakan pelanggaran peraturan sekolah kalau ketahuan merokok, bahkan kalau merokok di luar waktu sekolah. Kita bisa lapor ke guru kalau tahu ada murid yang merokok, dan anak itu akan dipanggil untuk dapat binaan. Di lingkungan sekolah, tidak ada yang boleh merokok sama sekali.
Perpustakaan besar sekali, dua lantai di SMP-SMA saya. Dan setiap kelas ada waktu kosong 1 jam per minggu untuk duduk saja di dalam perpustakaan, tanpa ada beban tugas apapun. Terserah mau melakukan apa saja di dalam perpustakaan. Kebanyakan orang jadi membaca buku, sebagian kerjakan PR. Tidak ada yang tidur. Guru tetap ada, dan bergaul dengan semua murid di situ seperti teman dan pembina, tanpa memaksa kita harus mengerjakan sesuatu. Lebih mungkin guru tanya tentang kesukaan kita dan bantu kita cari buku. Saya ingat ada teman saya yang punya sifat kasar. Guru tanya kenapa dia tidak mau baca buku, dan dia bilang karena semua buku terlalu bersih dan manis, jadi dia tidak suka. Akhirnya guru bantu dia dapat novel yang penuh dengan kehidupan gangster, lengkap dengan kata2 kasar, sisi buruk kehidupan, dll. Kata guru, yang penting dia merasa senang membaca dulu. Tidak penting baca apa, asal mau baca.
Kenapa Indonesia harus sangat berbeda dengan negara maju seperti Selandia Baru? Sedangkan kondisi dan beban terhadap murid, jam sekolah, pelajaran dan sebagainya jauh lebih berat di sini? Kenapa di sini harus ada 3-4 seragam, sedangkan di negara maju hanya ada 1-2 versi (sesuai cuaca)? Kenapa murid bisa dapat 23 mata pelajaran di tingkat kelas 3 SMA? (Saya pernah lihat daftar 23 kelas itu di dalam buku catatan murid saya, dan hampir pingsan karena tidak percaya dia bisa dikasih begitu banyak pelajaran dari pihak sekolah). Kenapa bukan 6 mata pelajaran saja? Kalau tidak ada korupsi yang dilakukan terus oleh pejabat pendidikan, semua sekolah akan mampu beli buku sendiri, jadi murid tidak perlu beli. Tetapi malah korupsi yang diutamakan di sini, bukan kesejahteraan siswa.
Kenapa orang tua dan guru selalu diam setiap tahun ketika anak2 mencoret dan merusak seragam mereka? Kenapa anak non-Muslim di negara barat bisa lebih peduli pada teman yang miskin daripada orang tua, guru dan murid yang Muslim di Indonesia? Kenapa seragam tidak dikumpulkan dan dikirim ke daerah untuk kebutuhan anak2 yang terpaksa putus sekolah karena tidak sanggup beli seragam?  

Saya tidak paham kenapa Indonesia menjadi seperti ini. Saya lebih tidak paham lagi kenapa seratus juta orang tua bisa menerima keadaan ini SETIAP HARI, SETIAP BULAN, SETIAP TAHUN tanpa ada yang mau berusaha untuk mencari keadaan yang lebih baik.   
Kasihan anak Indonesia. Saya bermimpi suatu hari kondisi pendidikan di sini bisa menjadi lebih baik lagi dari Selandia Baru.  
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto
*********
Guru Sudah Mulai Bosan dan Lelah Mengajar
Liputan 6 – Rab, 5 Okt 2011
Liputan6.com, Jakarta: Memperingati hari Guru Internasional yang jatuh tepat pada tanggal 5 Oktober, tak sedikit guru di Indonesia yang masih mengeluh dengan kebijakan pemerintah saat ini. Guru juga manusia, punya rasa lelah, bosan dan stres.
Demikian ungkapan dari salah seorang guru yang sehari-hari mengajar di SMU 26 Jakarta, Fakhrul Alam, menyoroti kebijakan pemerintah saat ini terkait dengan jam mengajar tatap muka. Dirinya menganggap kebijakan ini tak masuk akal dari 24 jam menjadi 27,5 jam per minggu. "Kondisi kelas yang nyaman tidak nampak di kelas yang dijejali dengan 40 siswa. Proses dituntut kontekstual, dan student centered learning. Tetapi guru dituntut berdiri di kelas 27,5 jam tatap muka, ini sangat tak masuk akal. Guru juga manusia punya rasa lelah, bosan dan bisa stres," ujar guru yang juga anggota Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) kepada Liputan6.com, Rabu (5/10).
Fakhrul mengatakan, pendidikan di Indonesia menganut sistem belajar paling lama di dunia. Sekitar tahun 80-an, guru juga dibebani 24 jam. Namun 18 jam itu untuk tatap muka, 6 jam untuk pelayanan, koreksi dan pengembangan materi dan lainya. "Kami pernah hadir dalam sebuah workshop di situ dikatakan pendidikan kita ini menganut sistem belajar paling lama di dunia. Masuk jam 6.30 selesai jam 15.10, ini umumnya di sekolah negeri," ungkapnya.
Ia menganggap kondisi ini tentu akan sangat mencerdaskan, jika kondisi ditunjang dengan lingkungan nyaman dan proses pembelajaran berjalan sesuai kebutuhan siswa, serta diasuh oleh guru-guru yang mumpuni. "Tapi dengan jumlah 40 siswa dalam satu kelas adalah omong kosong. Sepiawai apapun seorang guru akan berhasil menerapkan model pembelajaran siswa aktif secara efektif jika kondisi seperti ini," ujarnya.
Sebelumnya sesuai kebijakan Permendiknas No. 39 Tahun 2009, untuk mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) seorang guru harus memiliki kewajiban mengajar 24 jam tatap muka. Belum selesai dengan kebijakan tersebut, muncul usulan dari Kemenpan mengenai kewajiban guru mengajar 27,5 jam tatap muka. Usulan Kemenpan tersebut pun disetujui oleh Mendiknas yang dinilai kalangan guru sebagai hal yang tidak realistis. (ARI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjadi Instruktur

Pengalaman berikutnya sejak pandemi tepatnya mulai 13 Oktober 2020, saya diajak mas Aye - menjadi instruktur pengajar praktik guru penggerak...